Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Lingzhi Untuk Kesehatan


Manfaat Lingzhi untuk Tujuh Jamur sayang untuk dilewatkan

Jamur Lingzhi juga dikenal sebagai jamur Reishi dan Ganoderma dan lucidum. Jamur ini berukuran besar, berwarna gelap, dan memiliki efek bercahaya. Jamur Lingzhi ditanam di berbagai wilayah Asia dan telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Jamur Lingzhi mengandung 400 senyawa bioaktif yang memiliki sejumlah efek kesehatan potensial, seperti triterpenoid, polisakarida, dan peptidoglikan. Jamur dapat dikonsumsi segera setelah ditangkap, tetapi juga dapat diekstraksi dalam bentuk bubuk, suplemen gizi, dan teh. Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan jamur Lingzhi yang dipercaya penggemar. Hanya apa?

Manfaat jamur Lingzhi untuk kesehatan

Jamur Lingzhi mengandung fosfor, silika, sulfur, magnesium, kalium dan kalsium sebagai bahan utama. Kandungan zat besi, seng, natrium, tembaga, mangan, dan strontium juga ada dalam jamur, tetapi dalam jumlah kecil. Jamur Lingzhi juga mengandung banyak senyawa lain yang dapat berkontribusi bagi kesehatan, seperti protein, limin, karbohidrat, serat, dan banyak enzim serta asam lemak rantai panjang.

 Manfaat jamur Lingzhi untuk kesehatan, termasuk:

Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Salah satu manfaat jamur Lingzhi yang paling dapat diandalkan, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi pada tabung menunjukkan bahwa Lingzhi dapat mempengaruhi gen dalam sel darah putih yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menemukan bahwa jamur dapat mengubah peradangan pada sel darah putih. Sementara itu, penelitian pada pasien kanker telah menunjukkan bahwa beberapa molekul pada jamur Lingzhi dapat meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh alami yang dapat melawan infeksi dan kanker dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian lain, jamur Lingzhi juga dapat meningkatkan fungsi limfosit yang dapat membantu melawan infeksi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan pada topik ini.

• Mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif

Penelitian menunjukkan bahwa jamur Lingzhi dapat mengurangi peradangan pada penderita asma, rematik, dan konjungtivitis tanpa efek samping yang jelas. Senyawa aktif dalam jamur ini dapat bertindak sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Penggunaan jamur Reishi selama 14 hari dalam percobaan tikus telah menunjukkan peningkatan efek anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga melindungi darah dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menjadi penyebab utama kanker.

Anti-kanker

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 4.000 penderita kanker payudara menemukan bahwa 59 persen dari mereka mengonsumsi jamur berbulu. Beberapa penelitian tubular juga menunjukkan bahwa jamur ini dapat menyebabkan kematian sel kanker. Tentu saja, penelitian lebih lanjut diperlukan pada hewan dan manusia.

Jamur Lingzhi juga telah dipelajari untuk perannya dalam mencegah atau melawan kanker usus besar dan dubur. Alasannya adalah bahwa peningkatan aktivitas sel darah putih yang dirangsang oleh jamur ini dapat membantu melawan kanker. Namun, para peneliti menyatakan, jamur Lingzhi harus diberikan dalam kombinasi dengan obat-obatan tradisional lainnya. Selain itu, masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat ini.

• Mengurangi kelelahan dan depresi

Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jamur Lingzhi juga dapat mengurangi kelelahan dan depresi. Studi ini meneliti efek pada 132 orang dengan neurasthenia. Para peneliti menemukan bahwa kelelahan yang dialami pasien menurun dan mereka merasa lebih baik setelah 8 minggu mengonsumsi suplemen jamur Lingzhi. Studi lain juga menunjukkan bahwa 48 pasien kanker payudara yang menggunakan bubuk reishi selama 4 minggu menyatakan bahwa kelelahan telah menurun dan kualitas hidup mereka meningkat. Orang yang mengonsumsi bubuk jamur ini juga merasa cemas dan tertekan.

Ini mencegah penyakit jantung

Senyawa aktif yang bertindak sebagai antioksidan pada jamur Lingzhi dapat mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah. Ekstrak Reishi juga mengurangi kerusakan sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung dalam studi 14 orang dengan kerusakan ginjal.

Dalam uji klinis 26 penderita diabetes, jamur Lingzhi membantu menurunkan kolesterol darah dan resistensi insulin. Ekstrak kaya protein dari jamur ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah selama 8 jam pada tikus dengan tekanan darah tinggi untuk menghindari penyakit jantung.

• Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Dalam percobaan dengan 14 orang dengan proteinuria (tanda penyakit ginjal), ditemukan bahwa jamur lingzhi dapat mengatasi kondisi tersebut dan mengembalikan keseimbangan sistem kekebalan tubuh.
Pada saat yang sama, ekstrak reishi yang diperkaya dengan triple terinoid dan karbohidrat dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada hati dan mengatasi kondisi hati berlemak ringan. Organisasi Umum

Sumber: sehatq.com

Post a Comment for "7 Manfaat Lingzhi Untuk Kesehatan"